Home » » Banyak Jalan untuk Berhenti Merokok

Banyak Jalan untuk Berhenti Merokok

BAHAYA rokok selalu didengung -dengungkan. Dan kebanyakan lelaki tahu betul bahayanya rokok bagi kesehatan. Namun toh mereka tetap bergeming, dan hanya menganggapnya sebagai angin lalu. Meski demikian, orang pun tak bosan -bosannya mengingatkan kembali bahaya rokok.

Asap rokok mengandung tiga bahan kimia utama, yaitu tar, nikotin, dan karb on monoksida. Tar merupakan campuran berbagai hidrokarbon, sedangkan nikotin dapat menimbulkan ketagihan. Karbon monoksida menurunkan jumlah oksigen yang dapat diangkut oleh sel darah merah ke seluruh tubuh. Zat-zat inilah yang terutama menimbulkan penyakit, di antaranya bronkitis kronik, kanker paru, penyakit jantung, yang semuanya mengarah ke satu kata: kematian.

Kalau ancaman berbau kematian itu belum cukup untuk ''menyadarkan'' Anda, dampak rokok yang bisa merusak penampilan mungkin bisa membuat Anda peduli. Apa saja? Antara lain, menyebabkan gigi bernoda dan menebarkan bau mulut yang tak sedap. Bayangkan bila suatu saat Anda hendak berciuman dengan pasangan Anda? Belum bau asap rokok yang bertebaran ke mana-mana, dan membuat perempuan menjadi tidak sim pati. Atau dalam kondisi tertentu, rokok juga bisa menyebabkan bagian tubuh Anda bergemetaran akibat oksigen dalam darah Anda digantikan oleh beberapa komponen asap rokok, sehingga sel -sel tubuh Anda kekurangan oksigen. Pasti Anda dianggap pria yang tidak percaya diri, penakut. 

Nah, kalau ada kemauan Anda untuk berhenti merokok, lakukan langkah berikut ini:

Pertama, berhenti merokok memang harus dimulai dari keinginan kedisiplinan Anda. Doktrinkan dalam otak Anda bahwa Anda bukanlah perokok. Jadikan itu sebagai bagian dari identitas diri. Kemudian Anda harus menghindari orang yang merokok. Atau kalau tidak, Anda bisa bekerjasama dengan sesama perokok yang sama -sama ingin berhenti. Setelah itu, baru Anda memilih cara atau metode untuk menghentikan kebiasaan merugikan tersebut.

Kedua, berhenti merokok tidak cukup hanya mengurangi jumlah rokok yang diisap. Bulan pertama berhenti merokok merupakan masa sulit. Karena Anda akan mengalami gejala –gejala akibat kecanduan nikotin, seperti rasa gelisah atau nafsu makan bertambah. Untuk itu Anda bisa mengunyah permen tanpa gula atau memakan sayur -sayuran dan buah-buahan serta banyak minum air. Biasanya kalau Anda tabah, setelah delapan minggu gejala tersebut akan hilang.

Ketiga, godaan untuk merokok memang bisa datang dari mana saja, seperti iklan rokok. Sekarang di beberapa kota besar telah tersedia klinik henti rokok. Ada baiknya Anda mendatangi dan berkonsultasi di klinik henti rokok ini. Atau menyewa jasa seorang dokter untuk memonitor Anda.

Keempat, seringkali An da sudah berhenti, tapi karena sesuatu hal kembali lagi merokok. Karena itu butuh pengobatan alternatif. Bisa dengan massage atau pijatan di sekitar wajah, kepala dan leher. Alternatif lain, yang peminatnya cukup banyak, adalah dengan akupunktur. Aurikal akupunktur dianggap cukup efektif untuk banyak perokok. Kerja dasar dari akupunktur adalah mengatur aliran energi, sehingga memberikan efek pisitif kepada tubuh. Kalau Anda mau memilih cara ini, beberapa jarum halus akan ditancapkan di titik -titik spesifik di telinga Anda. Jarum-jarum tersebut ditujukan untuk dapat menghilangkan gejala -gejala yang disebabkan ketagihan terhadap nikotin, seperti sakit kepala, perasaan muak, tekanan darah dan denyut jantung menurun, sulit tidur, dan rasa gelisah.

Nah, sekali lagi, kalau Anda melakukannya dengan kemauan keras dan penuh disiplin, percayalah Anda bisa menghentikan kebiasan merokok. Dan itu artinya, Anda sedang memulai kehidupan baru tanpa rokok. (CN03)

0 komentar:

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.