Home » , » Batuan Ultramafik dan Ultrabasa

Batuan Ultramafik dan Ultrabasa

Batuan dapat dikategorikan berdasarkan kandungan silika nya. Batuan yang kaya silika disebut batuan asam sementara batuan yang buruk atau kekurangan silika disebut batuan basa. Dengan demikian granit dan granodiorit adalah batuan asam sementara gabbro dan basal adalah batuan basa.

Batuan yang sangat rendah silika nya disebut ultrabasa. Batuan ini mengandung silika bebas sama sekali dan kebanyakan dari mereka memiliki mineral yang rendah kandungan silika. Contoh batuan ultrabasa yang dunit, peridotit, Fe-piroksenit, anortosit dan foidolit (batuan kaya fedspathoid).

Di masa lalu ambang batas 45% silika digunakan untuk memisahkan antara batuan basa dan ultrabasa. Namun, sepertinya pembagian sederhana ini tidak selalu bekerja dengan banyak batuan seperti piroksenit yang dapat berisi hingga 60% SiO2 atau batuan feldspathoid yang mungkin berisi hingga 55% SiO2 (analcite).

Sering kita mendengar istilah ultrabasa dan ultramafik. Perlu dicatat bahwa istilah "ultrabasa" hanya menunjukkan kekurangan silika tanpa menyiratkan ada atau tidak adanya mineral ferromagnesian sedangkan istilah "ultramafik" pada dasarnya hanya menunjukkan keberadaan mineral mafik tanpa mempertimbangkan kandungan silika. Dalam banyak kasus, kedua klasifikasi tumpang tindih seperti batuan ultramafik yang juga batuan ultrabasa (dunit, harzburgit). Dalam banyak kasus lainnya dua klasifikasi tidak tumpang tindih. Misalnya, anorthosite seluruhnya terdiri dari plagioklas anortit dianggap ultrabasa tetapi tidak mengandung mineral ferromagnesian. Demikian pula, ortopiroksenit dapat berisi hingga hampir 60% silika namun batuan ini merupakan batuan ultramafik seluruhnya terdiri dari mineral mafik seperti enstatite atau bronzite. Tabel di bawah ini menunjukkan beberapa permasalahan batuan dalam hal klasifikasi ultramafik dan ultrabasa :

Tabel Batuan ultramafik dan ultrabasa


Baca Juga :



Referensi :
Ahmad W, 2008, NICKEL LATERITES (Fundamentals of chemistry, mineralogy, weathering processes, formation, and exploration), VALE Inco ⎯ VITSL


0 komentar:

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.